Fakta Unik Sikat Gigi yang Kerap Diabaikan Oleh Banyak Orang

Fakta Unik Sikat Gigi yang Kerap Diabaikan Oleh Banyak Orang! Pada dasarnya, kebiasaan menyikat gigi sudah ada sejak zaman dahulu kala pada sekitar abad ke-17. Bermula dari kedatangan turis Tiongkok yang kemudian membawa kebiasaan tersebut hingga ke Eropa yang kemudian jadi menyebar ke seluruh dunia.

Kini sikat gigi telah banyak berkembang dan mulai digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Adapun sebenarnya banyak fakta lain yang diabaikan oleh setiap orang tentang sikat gigi ini. Beberapa di antaranya telah dirangkum dalam artikel di bawah ini:

Fakta Mengenai Waktu Terbaik Menyikat Gigi

Baca juga Artikel Perawatan Gigi Paling Wajib Agar Menambah Rasa Percaya Diri

Fakta unik sikat gigi yang pertama adalah banyak sekali orang-orang yang kadang abai terhadap waktu di mana mereka harus menyikat gigi. Makanan dan minuman yang kita konsumsi seringnya akan meninggalkan bakteri dan juga kuman di gigi. Itulah mengapa terkadang kita merasa mulut jadi sedikit bau tidak sedap. Hal itu dikarenakan bakteri pada mulut telah begitu menumpuk dan akhirnya menjadi plak gigi.

Tahukah kamu, bahwa dilansir dari The Healthy, kebiasaan menyikat gigi yang tidak teratur akan mampu mendatangkan suatu penyakit bernama periodontitis. Penyakit tersebut justru dapat dicegah hanya dengan rutin menggosok gigi setiap hari. Itulah mengapa banyak dokter gigi yang menyarankan kita untuk menggosok gigi dua kali sehari yakni pada saat pagi setelah makan dan juga malam sebelum tidur. Hal itu sangat baik untuk menghambat pertumbuhan dari bakteri-bakteri yang ada pada mulut.

Fakta Mengenai Merawat Sikat Gigi yang Baik

Fakta unik sikat gigi yang kedua ini terletak pada segi perawatan dari sikat gigi tersebut. Berdasarkan penelitian dari Queensland Health, kita sangat wajib mengganti sikat gigi ketika sudah mencapai batas waktu 6 Minggu sejak pemakaian pertama kali. Selama itu pula, kita juga harus memperhatikan dengan benar peletakan dan perawatan sikat gigi ini agar tak ditumbuhi berbagai macam bakteri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan meletakkan sikat gigi secara vertikal dengan posisi kepala sikat yang berada di atas.

Kemudian, kamu juga tak dianjurkan untuk memakai penutup kepala yang ada pada sikat. Sebab, hal ini justru akan semakin membuat bakteri lebih menumpuk dari sebelumnya. Untuk langkah selanjutnya, kamu harus membersihkan sikat gigi ini di bawah air yang mengalir. Kamu juga harus bisa memilih sikat gigi dengan bulu halus tapi mampu mencapai rongga mulut bagian dalam. Bulu sikat yang halus mencegah gusi dan gigi dari pendarahan yang bisa saja terjadi.

Baca juga Artikel Milikilah Senyuman Indah Dengan Cara Mencegah Gigi Berlubang!

Nah, itulah beberapa fakta unik sikat gigi yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut, diharapkan bahwa tak ada lagi hal yang kamu abaikan saat melakukan sikat gigi. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *